REVIEW SKRIPSI
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG
SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 BANTUL
Di susun :
Endar Hartono
Di review
oleh :
PUTRI DAIANA (21501072077)
Untuk
memenuhi tugas mata studi media pembelajaran matematika Berbasis ICT
Dosen
pembimbing : Abdul Halim Fatoni S.si M.pd
JURUSAN PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM
MALANG
Malang,19 april 2016
A. Informasi skripsi yang direview
1.Judul skripsi :
Pengembangan media pembelajaran berbasis E-learning pada Materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 1
Bantul
2.Instansi : UIN sunan kali jaga Yogyakarta tahun
2012
3.Tempat penelitian : Penilitin skripsi ini di lakasanakan
di SMPN 1 Bantul Jl.RA.kartini no.44 Bantul. Tahun 2012-2013.
4.Latar belakang :
penulis tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran
berbentuk media model e-learning karna
merupakan salah satu sisitem pembelajran yang tepat bagi siswa karana e-learning membantu peserta didik untuk
menambah informasi tentang konsep yang di pelajari melalui kegiatan belajar
secara sistematis selain itu juga sebagai alat bantunya yang tidak di batasi
oleh ruang dan waktu dan peserta didik akan mendapatkan informasi yang lebih
banyak tentang materi yang sedang di pelajari dengan bantuan software pendukung.
Berdasarkan studi pendahuluan yang di lakukan di SMPN 1
Bantul,media pembelajaran e-learning
ini sebagian besar mempunyai fungsi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran
yang di lakukan secara konvensional yang memiliki banyak keterbatasan yang
harus di perbaiki,maka muncullah strategi pembelajaran yang di sebut e-learning.
Dari data yang di dapat e-learning
interaktif memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran,khususnya dalam pembelajran matematika.latihan dan percobaan
percobaan eksploratif matematika dapat di lakukan peserta didik menggunakan
program program sederhana untuk penanaman dan penatan konsep,membuat pemodelan
matematika,dan memecahkan masalah terutama di dalam geometri ruang.
Penulis juga menggunakan macromedia dreamweaver 8.0 karna di
gunakan sebagai software pencipta
e-leaning yang mempunyai jaringan luas dan akan memberikan kesempatan kepada
peserta didik menyampaikan materi yang tidak terhalang oleh ruang dan waktu
yang bisa di tampilkan secara online maupun offline melalui mesin
browser.selain itu peserta didik akan lebih banyak mendapatkan informasi
tentang materi yang sedang ia pelajari dengan bantuan software pendukung.
Oleh karana itu,penulis tertarik
untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan media e-learning yang
memanfatkan macromedia dreamweaver 8.0
sebagai media pembelajaran serta mengadakan penelitian dengan judul “
pengembangan media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang sisi
datar kelas VIII SMPN 1 Bantul “
5.Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
tersebut,maka dapat di identifikasi masalah masalah sebagai berikut :
1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi menuntut sesorang untuk dapat menguasai teknlogi informasi dan
pengetahuan.
2. Sebagian besar peserta didik merasa
kurang berminat dan membosankan dengan pembelajaran matematika tersebut
3. Guru harus mampu memberikan suatu
metode pembelajaran lain bagi peserta didik agar dapat memahami konsep konsep
yang di ajarkan suatu pembenahan kurikulum.
6.Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah di atas maka
penilitian ini bertujuan untuk :
1. Bagaimana langkah-langkah
pengembangan media pembelajaran e-learning dengan macromedia dreamweaver 8.0 pada materi bangun ruang sisi datar
untuk SMP Kelas VIII SMPTN 1 Bantul yang mudah di pahami oleh peseta didik ?
2. Bagaimana kualitas media pembelajaran
e-learning matematika yang di
kembangkan berdasarkan ahli media,ahli materi,dan siswa?
7.Tujuan penilitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penilitian ini
bertujuan untuk :
1. untuk mengetahui langkah langkah
pengembangan media pembelajaran dan pendesainan konten media pembelajaran e-learning yang mudah di pahami untuk
peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran matematika pada materi bangun
ruang sisi datar SMPN 1Bantul kelas VIII.
2. mengetahui kualitas media pembelajaran e-learning matematika yang di
kembangkan.
8.Manfaat penilitian
1. Bagi peserta didik
Dapat mempermudah pemahaman konsep
mengenai bangun ruang sisi datar bagi peserta didik dan dapat mengembangkan
pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan motivasi untuk terus belajar.
2. Bagi pendidik
Sebagai sumber informasi model
pendidikan berbentuk e-learning bagi
pendidik yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran matematika dan dapat di
jadikan variasi pembelajaran dan meningkatkan kreativitas pengajar.
3. Bagi peniliti
Dapat menambah
pengetahuan/pengalaman sebagai bekal untuk menjadi seorang guru matematika yang
profesional yang dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
4. Bagi sekolah
Sekolah dapat mengoptimalkan sarana dan
prasarana di sekolah yang dapat menunjang proses pembelajaran dan sarana dan
prasarana laboratorium multimedia computer termanfaatkan.
5. Bagi dunia pendidikan
Dapat di jadikan
sebagai masukan,refrensi,media pembelajaran berbentuk e-learning yang dapat di akses oleh siapapun yang memerlukannya.
9. Kesimpulan :
Dari segi kevalidan,kualitas website pembelajaran yang telah
di kembangkan ini mempunyai kualitas (SB) Sangat
baik dengan sekor rata rata 102,05 dari sekor keidealan 125 dan mempuyai
presentase keidealan 81.64% sedangkan dari keefektifan,di peroleh berdasarkan
test hasil belajar siswa yang di nilai berdasarkan hasil pre-test dan post-test uji
coba lapangan.nilai rata rata test meningkat dari 50,36 (pre-test) menjadi 85,18 (post-test)
dengan ini website tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
khususnya pada materi bangun ruang sisi datar (BRSD) sehingga website tersebut
efektif untuk pembelajaran.
10. Saran :
Adapun saran
pemanfaatan dan pengembangan produk tindak lanjut adalah :
1. Saran pemanfaatan.
Penulis menyarankan agar website matematika pada materi
bangun ruang sisi datar yang telah di kembangkan :
a.
Di uji cobakan kebeberapa sekolah untuk
mendapatkan hasil yang lebih beragam dan penggunaan website matematika ini sesuai dengan hasil yang telah di kembangkan
b.
Ada pihak yang mau mengembangkan lebih lanjut agar produk lebih sempurna.
c.
Di gunakan pada proses pembelajaran matematika baik SMP maupun MTS.
2. pengembangan produk tindak lanjut
website e-learning matematika materi bangun ruang sisi
datar untuk siswa SMP kela VIII semester geanap ini dapat di gunakan dan di
kembangkan lebih lanjut untuk kegiatan pembelajran jarak jauh,untuk melengkapi
sisitem pembelajran di kelas konvensional yang serba kekurangan,sehingga sumber
belajar tidak hanya sebatas buku saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar